laman

29 Maret 2010

PENYUSUNAN RENCANA KONTIJENSI BENCANA GEOLOGI DI KABUPATEN TRENGGALEK



Pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi Badan Geologi Kementerian Sumber Daya Mineral RI, melaksanakan Workshop Penyusunan Rencana Kontijensi Bencana Geologi Kabupaten Trenggalek, bertempat di Hotel Hayam Wuruk Trenggalek. Workshop yang rencananya berlangsung selama empat hari mulai 29 Maret hingga 1 April 2010 ini dibuka oleh Wakil Bupati Trenggalek, Mahsun Ismail, S.Ag.,MM., dan diikuti oleh SKPD terkait, perwakilan dari Kecamatan dan Puskesmas se-Kabupaten Trenggalek, Basarnas, Tagana, Pramuka, Orari serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

Wakil Bupati Trenggalek, Mahsun Ismail, S.Ag., MM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa 2/3 bagian wilayah Kabupaten Trenggalek secara geografis dan geologis terdiri dari pegunungan yang rentan dengan gerakan tanah tingkat menengah hingga tinggi, dimana wilayah tersebut banyak warga yang menjadikannya sebagai lahan tempat tinggal. Sehingga pada musim hujan dengan curah hujan yang tinggi dapat memungkinkan terjadinya bencana longsor maupun banjir.

Ditambah lagi beberapa tahun belakangan ini, sejak era reformasi sering terjadi penjarahan dan penebangan kayu hutan yang menyebabkan bencana longsor dan banjir hampir terjadi rutin setiap tahunnya, lanjut Wakil Bupati Trenggalek.

Mahsun Ismail, S.Ag., MM., menambahkan bahwa dengan kondisi tersebut memberikan tantangan bagi Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk melindungi masyarakatnya dari ancaman bencana dengan menjamin terselenggaranya bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh dengan menghargai budaya lokal, membangun partisipasi dan kemitraan publik serta swasta. Tak kalah pentingnya diperlukan semangat gotong royong, kesetiakawanan dan kedermawanan sesuai dengan maksud dan tujuan diterbitkannya UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh sebagaimana dimaksud dalam UU tersebut meliputi kegiatan pra bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana. Kegiatan workshop tentang penyusunan rencana kontijensi bencana geologi ini merupakan kerjasama antara Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Bandung dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang diselenggarakan dalam rangka upaya memperkecil resiko ancaman bencana geologi di Kabupaten Trenggalek.

Terakhir Wakil Bupati mengingatkan bahwa hasil workshop ini akan bermanfaat apabila diaplikasikan melalui program dan kegiatan masing - masing di SKPD sesuai dengan dan tujuan UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, oleh karena itu kepada seluruh peserta workshop diharapkan dapat menyerap seluruh materi yang akan diberikan oleh para instruktur secara sungguh - sungguh.


Kabar Berita Lain